5 Makanan Unik Sunda Paling dekat di Jakarta

Masakan unik Sunda termasuk masakan Indonesia yang tenar. Persis dengan lalapan, sambal terasi, sayur asem, serta lauk yang digoreng lantas disantap dengan sambal serta kecap manis, santapan ala Sunda memang ringan sesuai di banyak lidah. Cita rasa yang diberi masakan unik Sunda memang kaya: dari asin, gurih, manis, sampai asam. Yuk, pahami sejumlah santapan unik Sunda.

Nasi Timbel

Nasi yang di masak dalam bungkusan daun pisang ini selintas nampak seperti nasi biasa, tapi sewaktu dibuka dari bungkusannya, maka semerbak wangi dari si daun pisang. Dahulunya, nasi timbel ini seringkali dibawakan jadi bekal makan banyak petani sebelum pergi ke sawah atau kebun. Sebab dibungkus daun pisang, karena itu nasinya juga masih wangi, tak keras, serta pulen sewaktu dikonsumsi berjam-jam lalu. Saat ini, nasi timbel jadi santapan unik Sunda keseharian yang disantap bersamaan dengan variasi lauk serta sayur. Banyak yang menyukai dengan nasi timbel ini sebab wanginya.

Baca Juga : Ini dia 8 Makanan Unik Thailand yang Perlu Dicoba

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom, atau seringkali pun disebut yaitu “Nasi T.O.”, adalah makanan unik daerah Tasikmalaya. Nasinya diaduk –atau ditutug (tumbuk) jadi satu– dengan oncom yang di masak dengan digoreng atau dibakar. Rasa serta aroma kuat oncom sesuai sekali untuk dicampurkan dengan nasi. Gak bingung banyak yang makan nasi tutug oncom bahkan juga tidak dengan lauk.

Pepes

Pepes, atau Pais dalam bahasa Sunda, adalah langkah pemrosesan makanan yang Sunda sekali, yaitu, dengan menggunakan daun pisang untuk membungkus lauk yang udah diberi bumbu dengan rempah-rempah. Bungkusan lauk ini lalu dikukus sebelum disuguhi. Hasilnya yaitu lauk wangi dengan cita rasa yang kaya. Lauk yang dipakai dapat berlain-lainan variasi –ikan, ayam, oncom, jamur, tahu– tapi yang paling tenar yaitu pepes ikan mas.

Bakakak

Dalam bahasa Sunda, bakakak ini mengandung arti ‘ayam panggang’. Jadi sewaktu pesan “bakakak” tentunya kamu dapat disuguhi satu buah porsi ayam panggang unik Sunda. Kelebihan bakakak yaitu andilnya jadi hidangan khusus di pesta etika penduduk Sunda, baik untuk nikahan, sunatan, atau upacara etika yang lain, serta umumnya yang dipakai yaitu ayam jantan. Tapi di jaman kekinian saat ini, ayam bakakak bukan cuma datang kala acara-acara pribadi itu, tapi jadi makanan keseharian yang ringan diketemukan di restoran unik Sunda. Bumbunya yang memakai rerempahan Indonesia bukan cuma bikin rasa ayam bakakak lezat, namun juga diakui baik untuk memperhatikan kesehatan.

Empal Gentong

Santapan Cirebon ini menyerupai dengan gule. Daging atau dalaman sapi di rendam dalam kuah yang menyerupai gule lantas di masak dengan memakai kayu bakar dalam gentong. Rasa dagingnya condong manis seperti empal gepuk, tapi ditemani dengan kuahnya yang gurih rempah, karena itu didapatlah paduan cita rasa yang kaya. Sehabis baca sejumlah makanan yang Sunda pisan di atas, jadi ingin ngelahap santapan Sunda, tidak? Jika iya, teruskan bacamu untuk cari tahu rujukan tempat makan Sunda yang dekat daerahmu di Jakarta.

Social share