Sushi Makanan Ciri khas Jepang

Sushi, siapa yang tidak mengetahui makan asal negri sakura ini ialah makanan Jepang dibikin dari nasi jepang atau yang biasa disebutkan gohan yang dibuat berbarengan lauknya yang berbentuk ikan laut, daging atau sayuran baik mentah atau telah diolah. Rasa dari lauknya ini umumnya telah asam lantaran di campur dengan garam, cuka serta gula. Bentuk dari sushi pun beraneka, ada maki sushi yakni nasi yang digulung oleh nori atau rumput laut serta didalamnya ada lauknya. Ada juga nigiri sushi yakni cuma berbentuk nasi yang dibuat simple dengan dikepal tangan setelah itu di letakkan lauk diatasnya. Dan gunkan sushi adalah nasi yang dikepal setelah itu dibalut nori serta lauknya disimpan di atasnya.

1970-an sushi adalah makanan yang dapat termasuk lux. Penduduk Jepang kelompok menegah bisanya cuma makan sushi bila membuat acara-acara pribadi, serta pada waktu itu terbatas sushi pesan-antar.

Dalam manga, sushi ialah makan yang dibawa oleh kritis suami untuk menyogok beberapa istri mereka bila sang suami sedah pulang dengan situasi mabuk. Kaitenzushi ialah rumah makan sushi pertama yang dibuka pada tahun 1958 di Osaka, penyebarannya ke beberapa daerah lain di Jepang habiskan waktu lama. Makan sushi jadi acara seluruhnya bagian keluarga terjadi pada tahun 1980-an searah dengan semakin meluasnya kaitenzushi.

Baca Juga : 5 Makanan Unik Sunda Paling dekat di Jakarta

Kesuksesan kaitenzushi menggerakkan perusahaan makanan untuk mengenalkan beberapa ragam bumbu sushi instant yang membantu ibu rumah-tangga bikin sushi dalam rumah, serta dapat jadikan makanan ini jadi bekal makan untuk beberapa anak di Jepang.

Beberapa jenis Sushi :

• Nigiri sushi

Bila disaksikan dari makna namanya, nigiri bermakna mengepalkan tangan. Sushi tipe ini dibikin secara mengepalkan bahan dengan tangan. Memiliki bentuk bundar menuruti kepalan tangan serta ukurannya lantas umumnya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Sushi tipe datang dari periode Edo pada tahun 1800an.

• Maki Sushi

Ini berarti dililit atau digulung. Sushi tipe ini punya keunikan yakni ada nori atau rumput laut yang telah berwujud lembaran serta dimanfaatkan jadi pembungkus sushi ini. Mau bikin tipe ini anda mesti siapkan satu gulungan seperti tikar bambu kecil untuk membentuknya.

• Chirashi Sushi

Sushi tipe ini disiapkan di atas piring atau mangkok. Nasi yang telah diberikan bumbu selanjutnya diberi dengan beberapa ragam lauk seperti makanan laut mentah maupun masak dan telur dadar.

• Oshi Sushi

Sushi berwujud kotak ini dibikin dengan memakai cetakan pribadi. Sesudah usai dibuat, sushi ini dipotong-potong berubah menjadi ukuran sekali suap. Sushi ini adalah makanan ciri khas dari wilayah Kansai.

• Nare Sushi

Kalaupun tipe yang satu ini ialah sushi yang difermentasikan. Tidak cuma lauknya yang fermentasi, tapi juga nasinya turut difermentasi.

• Inari Sushi

Kalaupun Maki Sushi dibungkus dengan nori, sushi yang satu ini memakai kulit tahu jadi pembungkusnya. Sebelum diisi nasi, kulit tahu ini diolah lebih dahulu sampai rasa dari sushi ini cukup manis.

Social share